Selasa, 23 Januari 2018

Riset Belajar OSN Komputer

Beberapa bulan yang lalu, saya sempat kembali aktif menulis. Namun kemudian saya kembali menghilang. Sebenarnya selama saya menghilang, banyak yang saya kerjakan berkaitan dengan competitive programming.

Jadi sekitar bulan September, saya menjadi panitia Gemastik 2017 bagian lomba pemrograman, yang kala itu tuan rumahnya di Universitas Indonesia. Tahun 2016 juga tuan rumahnya UI, tetapi saya sedang mengerjakan proyek dan sibuk membantu seleksi tim inti ACM-ICPC untuk UI. Jadilah saya tidak membantu. Tahun 2017, berhubung saya sudah lebih luang dan sekaligus balas budi kepada UI, saya ikutlah menjadi panitia.

Setelah Gemastik berakhir, saya diajak Aji yang tiba-tiba mau mengurus konten untuk TOKI. Sejauh ini konten TOKI yang saya kerjakan adalah materi TLX Training Gate, yang sudah dimulai sejak 2014. Aji mengajak saya untuk melakukan riset apakah sebenarnya materi dan soal latihan TLX Training Gate ini benar-benar bermanfaat. Sebelumnya saya tidak pernah terpikirkan tentang aspek ini, jadi hanya sekedar menulis saja.

Setelah mendapat hasil kuesioner di grup Facebook Olimpiade Informatika Indonesia, kami menyimpulkan bahwa masih banyak orang yang tidak tahu tentang pembelajaran pemrograman kompetitif di Indonesia. Solusinya adalah dengan membuat 1 halaman situs berisi kumpulan informasi pembelajaran yang singkat, padat, jelas, dan sistematis.

Bersama-sama dengan Mamat dan Fairuzi, kami akhirnya membuat:


Seperti yang telah dijelaskan, situs ini adalah 1 halaman berisi kumpulan informasi untuk mulai belajar menuju OSN komputer. Belajar ini maksudnya mulai dari OSK, OSP, sampai OSN komputer. Yang terpenting adalah tulisannya disusun dengan sistematis, jadi tidak bingung dengan sumber pembelajaran yang saat ini berceceran. Seluruh sumber pembelajaran yang dicantumkan dapat diakses secara gratis.

Selain pembuatan situs itu, kami juga menyiapkan konten baru untuk pembelajaran OSN. Konten ini disesuaikan juga dengan hasil riset sebelumnya. Informasi lebih lanjut akan saya berikan ketika konten ini sudah selesai.

Selamat memulai belajar menuju OSN komputer!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar