Rabu, 25 Desember 2013

Akhir Tahun 2013

Tidak terasa waktu setahun telah berlalu, yang artinya saya sudah menulis blog ini selama setahun. Akhirnya wacana yang tersimpan selama bertahun-tahun dapat saya wujudkan, dan karena blog ini masih aktif, artinya saya cukup berhasil :)

Sejauh ini, sudah ada 25 post. Bisa dikatakan secara rata-rata saya menulis setiap sebulan dua kali. Jumlah yang tidak banyak, dibandingkan dengan target seminggu satu post. Apa dayanya, kadang-kadang saya harus mengerjakan tugas kuliah, mengurus organisasi, dan lain-lain. Bagaimanapun juga, saya akan terus berusaha untuk mengejar target tersebut.

Beberapa hal menarik yang saya alami selama menulis blog ini:
  • Belajar menggunakan LaTeX untuk menulis rumus
  • Belajar menulis yang mudah dimengerti orang lain
  • Blog saya sering dikunjungi orang asing untuk melihat postingan ini. Sepertinya diskusi di internet benar-benar sangat jarang sehingga yang muncul di google adalah blog saya :D
  • Menulis pembahasan untuk soal benar-benar menambah pemahaman terhadap solusi yang telah kita dapatkan!

Terlepas dari blogging, saya juga berhasil melewati tahun ini dengan baik. Pada tahun ini, selain berkuliah, saya juga memegang posisi:
  1. PIC Competitive Programming CompFest (mudahnya: ketua bagian kompetisi pemrograman)
  2. Ketua FPC (Fun Programming Club) di Ristek Fasilkom
  3. Ketua Departemen Jumatan di KMBUI (Keluarga Mahasiswa Buddhis Universitas Indonesia), intinya mengadakan pertemuan setiap hari Jumat dengan anggota lainnya
  4. Asisten dosen untuk kuliah struktur data dan algoritma, dengan segudang berkas yang perlu dikoreksi!
Pada awal tahun, saya mengatakan "kalo sampe bisa ngelewatin 1 tahun dengan 3 kepengurusan dan beberapa kerjaan lain gini, gua akan merasa ganteng". Ternyata memang saya ganteng :')

Banyak kejadian-kejadian yang saya alami dan pelajaran yang saya dapatkan, terutama dalam menjalankan kepengurusan itu. Saya belajar bagaimana mengurus banyak hal (tidak multi-tasking, saya lebih suka sekuensial), mengatur waktu, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan berbagai pekerjaan. Benar-benar terasa bagaimana efeknya terhadap kehidupan kita, padahal sebelumnya saya kurang peduli terhadap kegiatan seperti itu. Ternyata memang benar kata orang bijak, "Jika ingin berkembang, keluarlah dari zona nyaman Anda".

Selain itu, saya juga mengikuti berbagai kompetisi. Mulai dari ITBPC, Gemastik, sampai ICPC. Dari sekian banyak kompetisi yang saya ikuti, yang berkesan bagi saya adalah pencapaian terbaik selama di tim Vidina 2.0, yaitu mendapat predikat best local team pada ACM-ICPC Asia Jakarta 2013. Benar-benar tidak menyangka bahwa kita bisa mendapatkannya :')

 
Foto oleh Pak Denny

Semoga di tahun 2014 saya dapat berkontribusi lebih banyak dalam kehidupan ini, khususnya dunia pemrograman di Indonesia dan TOKI.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar